Pelatihan Mengajar Bilangan Pecahan dengan Metode Matematika Gasing Bagi Guru Pendidikan Dasar di Sekolah Muhammadiyah Secabang Cilawu Garut
DOI:
https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1839Keywords:
Mengajar Bilangan Pecahan, Matematika Gasing,Abstract
Tujuan Program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan melatih keterampilan kepada guru-guru Sekolah dasar dan menengah Muhamadiyah di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dalam mengajarkan materi pecahan dengan metode matematika Gasing. Mengajar matematika dengan metode yang menyenangkan merupakan suatu metode yang harus dimiliki oleh seluruh guru matematika yang mengajar pada sekolah dasar dan menengah. Metode matematika Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) merupakan salah satu metode yang dapat membuat siswa belajar gampang dan menyenangkan terlebih di sekolah dasar. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan secara langsung (tatap muka) kepada guru SD dan SMP di ruangan (secara teori) dan dilakukan bimbingan langsung cara mengajarkan bilangan pecahan dengan metode gasing. Berdasarkan hasil pelatihan ini sebagian besar peserta pelatihan dapat mempraktekkan metode matematika gasing dalam mengajarkan bilangan pecahan
References
Mahmudah, R., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2018). Journal of honai math. Journal Of Honai Math, 1(1), 47–55.
Miguel, J. F. S., González, M., Gascón, A., Moro, J., Hernández, J. M., Ortega, F., … Orfao, A. (1992). Lymphoid subsets and prognostic factors in multiple myeloma. British Journal of Haematology, 80(3), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x
Novriani, M. R., & Yuanita, F. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Metode GASING (Gampang Asyik Menyenangkan). 228–233. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26476