The Pendampingan Pengembangan Eco-Canteen di SMAN 1 Padalarang Sebagai Strategi Menuju Sekolah Sehat dan Berkelanjutan

Penulis

  • Tika Novis Putri Universitas Langlangbuana
  • Octavia Maryanche Sujana Universitas Langlangbuana
  • Nunung Hastika Universitas Langlangbuana
  • Dira Nur Azizah Universitas Langlangbuana
  • Nova Puspa Dewi Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2313

Kata Kunci:

Ramah Lingkungan, Kantin, Adaptive Reused, Berkelanjutan

Abstrak

Kantin sekolah yang sehat dan berkelanjutan merupakan langkah penting dalam mendukung gerakan sekolah sehat. SMAN 1 Padalarang memiliki misi yang sama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung kesejahteraan siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk  mengembangkan fasilitas Eco-Canteen  untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat, meningkatkan kinerja akademis, dan mendukung perkembangan keseluruhan anak-anak dalam lingkungan pendidikan.melalui pendekatan Adaptive-Reuse pada bangunan mushalla yang tidak terpakai. Proses perancangan bangunan mushalla lama menjadi kantin melibatkan evaluasi struktur, pembuatan desain katin sehat serta proses renovasi untuk menciptakan kantin yang aman, naman, dan ramah lingkungan bagi seluruh komunitas sekolah. Metode yang digunakan mencakup penggambaran denah eksisting, evaluasi kondisi bangunan lama, perancangan eco-canteen serta pendampingan. Kegiatan pendampingan yang dilakukan yaitu dengan penataan ruang hijau, penempatan poster hidup sehat, serta pembuatan mural dengan pesan edukasi lingkungan di area kantin. Perancangan eco-canteen ini berfungsi untuk mendukung perilaku ramah lingkungan, menunjang kreativitas dan langkah untuk pendidikan yang berkelanjutan, sehingga dengan adanya eco-canteen di SMAN 1 Padalarang diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lainnya dalam menerapkan konsep kantin sehat yang berkelanjutan.

 

Biografi Penulis

Tika Novis Putri, Universitas Langlangbuana

Fakultas Teknik

Octavia Maryanche Sujana, Universitas Langlangbuana

Fakultas Teknik

Nunung Hastika, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dira Nur Azizah, Universitas Langlangbuana

Fakultas Teknik

Nova Puspa Dewi, Universitas Langlangbuana

Fakultas Teknik

Referensi

Alfikri, M. Z. (2024). Adaptive Reuse Bangunan Rumah Sakit Dharma. Sci-Tech Journal Volume, 3, 204–211. https://doi.org/10. 56709/stj.v3i2.550

Annisagita Sungga Dirgantari, M.I.Kom. Dr. Ansar, SP., M.Si., Encep Rustandi, S.Pd., M.Pd., Santi Aprilian Lestaluhu, S.Gz., M. (2024). Dasar-Dasar Komunikasi: Pengantar Komprehensif untuk Pemahaman Proses Komunikasi (Issue 1). PT Media Penerbit Indonesia. https://mediapenerbitindonesia.com

Direktorat Sekolah Menengah Atas. (2020). Kantin Sehat Sekolah Menengah Atas Di Masa Kebiasaan Baru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harastoeti, D. H. (2011). 100 Bangunan Cagar Budaya di Bandung. In CSS Publish.

Judhiastuty, F; Dwi, D. I.; Evi, E.; Eflita, M.; Indriyana, L. P.; Ratna, D. A. (2018). Pengembangan Kantin Sehat Sekolah. Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Menuju Kantin Sehat di Sekolah.

Lustyantie, N. (2012). Pendekatan semiotik model Roland Barthes dalam karya sastra Prancis. Seminar Nasional Fib Ui, 19.

Nofia, V. S. S., & Bustam, M. R. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Sampul Buku Five Little Pigs Karya Agatha Christie. MAHADAYA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 143–156.

Noviana, M., & Thamrin, N. H. (2020). Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Perbaikan Visual Kawasan Loa Buah, Samarinda. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 91–99.

Nuraida, L., Kusumaningrum, H., Palupi, N. S., Koswara, S., Madanijah, S., Zulaikhah, M., AS, A., & Triwahyunto, A. (2011). Menuju Kantin Sehat di Sekolah. In Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rumbayan, R., Sudarno, S., Tenda, J., & Maluw, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Hammer Test dan Ultrasonic Pulse Velocity pada Pengujian Kualitas Mutu Elemen Struktur Bangunan Gedung. Jurnal Teknik Sipil Terapan (JTST), 2(2), 36.

Sitompul, R. P., & Sumarnie. (2021). Pengelolaan Kantin Sehat Bintang Satu. Equity In Education Journal, 3(1), 41–46. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2467

Sofiana, R., Purwantiasning, A. W. P. W., & Anisa, A. (2014). Strategi Penerapan Konsep Adaptive Re-use pada Bangunan Tua Studi Kasus: Gedung PT Ppi (Ex. Kantor PT Tjipta Niaga) di Kawasan Kota Tua Jakarta. Prosiding Semnastek, 1(1).

Ware, C. (2012). Information Visualization: Perception for Design. Morgan Kauffman.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-27

Cara Mengutip

Putri, T. N., Sujana, O. M., Hastika, N., Azizah, D. N., & Dewi, N. P. (2024). The Pendampingan Pengembangan Eco-Canteen di SMAN 1 Padalarang Sebagai Strategi Menuju Sekolah Sehat dan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(2), 105–116. https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2313