Pemanfaatan Google Clasroom untuk Mengatasi Masalah Pembelajaran di Masa Pandemi

Penulis

  • Irwin Supriadi Universitas Langlangbuana
  • Agung Cahya Gumilar Universitas Langlangbuana
  • Nano Sukmana Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.36555/jptb.v5i1.2190

Kata Kunci:

Covid-19, pembelajaran, daring, kelas google

Abstrak

Pandemic Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 telah memukul berbagai sektor kehidupan di antaranya ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, dan juga pendidikan. Dalam dunia pendidikan, semua sekolah mulai diliburkan dan setelah itu muncul perubahan dalam metode pendidikan secara besar-besaran. Salah satu perubahan tersebut adalah metode pendidikan pembelajaran dalam jaringan. Salah satu sekolah yang mengalami dampak pandemi Covid-19 ini adalah Sekolah Dasar Negeri Rancakasumba 06 (SDN Rancakasumba 06) yang berada di Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Permasalahan yang ada di SDN Rancakasumba 06, yaitu guru SDN Rancakasumba 06 mengetahui tentang aplikasi Google Clasroom tetapi tidak mengetahui lebih dalam lagi tentang fitur-fitur yang ada dari aplikasi Google Clasroom tersebut dan tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya secara komprehensif. Program dalam PKM ini mengadaptasi program in service training yang merupakan suatu pelatihan atau pembinaan yang memberikan kesempatan kepada seorang guru untuk mendapatkan pengembangan kinerja melalui pelatihan dan pendampingan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan dengan metode ceramah (presentasi), demonstrasi dan diskusi dilajutkan dengan latihan/prkatek untuk membuat akun google, google clasroom sebagai media pembelajaran serta mengeksplor fitur-fitur ysng ada di dalamnya. Dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kemampuan adaptasi teknologi guru-guru SDN Rancakasumba 06 dalam memanfaatkan Google Class Room sebagai media pembelajaran dapat ditingkatkan.

Biografi Penulis

Irwin Supriadi, Universitas Langlangbuana

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Agung Cahya Gumilar, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nano Sukmana, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Alex. (2022). Wawancara Adalah. Retrieved from Pengajar.co.id: https://pengajar.co.id/wawancara-adalah/
Humaira. (2015). “Kenali Google Classroom, Masa Depan Layanan Pengajaran Berbasis Online”,https://glints.com/id/lowongan/google-classroom-adalah/#.Y7JUodVBzIU, diakses pada 30 September 2022 pukul 10.27

Hutagalung, S. (2021). Pendampingan Pastoral: Teori dan Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ikhsan, J., Utomo, M. P., Sunarto, E. P., Kristianingrum, S., Abyoga, M. W., Afif, A., & Khaizuron, S. (2014). Upaya Peningkatan Kompetensi TIK Guru Kimia SMA/MA Di Era Digital Melalui Insert-CT (In-Service Training for Chemistry Teachers). In Seminar Nasional LPPM UNY ISBN (pp. 978-979).
Perpusnas, P. (2021, November 19). Pelatihan sebagai Proses Pembelajaran dengan Sistem Terbuka. Retrieved from Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/174/pelatihan-sebagai-proses-pembelajaran-dengan-sistem-terbuka
Semiawan, C. R. (219). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Supriadi, I., Gumilar, A. C., & Sukmana, N. (2023). Pemanfaatan Google Clasroom untuk Mengatasi Masalah Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.36555/jptb.v5i1.2190