Pemanfaatan Google Clasroom untuk Mengatasi Masalah Pembelajaran di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.36555/jptb.v5i1.2190Kata Kunci:
Covid-19, pembelajaran, daring, kelas googleAbstrak
Pandemic Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 telah memukul berbagai sektor kehidupan di antaranya ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, dan juga pendidikan. Dalam dunia pendidikan, semua sekolah mulai diliburkan dan setelah itu muncul perubahan dalam metode pendidikan secara besar-besaran. Salah satu perubahan tersebut adalah metode pendidikan pembelajaran dalam jaringan. Salah satu sekolah yang mengalami dampak pandemi Covid-19 ini adalah Sekolah Dasar Negeri Rancakasumba 06 (SDN Rancakasumba 06) yang berada di Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Permasalahan yang ada di SDN Rancakasumba 06, yaitu guru SDN Rancakasumba 06 mengetahui tentang aplikasi Google Clasroom tetapi tidak mengetahui lebih dalam lagi tentang fitur-fitur yang ada dari aplikasi Google Clasroom tersebut dan tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya secara komprehensif. Program dalam PKM ini mengadaptasi program in service training yang merupakan suatu pelatihan atau pembinaan yang memberikan kesempatan kepada seorang guru untuk mendapatkan pengembangan kinerja melalui pelatihan dan pendampingan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan dengan metode ceramah (presentasi), demonstrasi dan diskusi dilajutkan dengan latihan/prkatek untuk membuat akun google, google clasroom sebagai media pembelajaran serta mengeksplor fitur-fitur ysng ada di dalamnya. Dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kemampuan adaptasi teknologi guru-guru SDN Rancakasumba 06 dalam memanfaatkan Google Class Room sebagai media pembelajaran dapat ditingkatkan.
Referensi
Humaira. (2015). “Kenali Google Classroom, Masa Depan Layanan Pengajaran Berbasis Online”,https://glints.com/id/lowongan/google-classroom-adalah/#.Y7JUodVBzIU, diakses pada 30 September 2022 pukul 10.27
Hutagalung, S. (2021). Pendampingan Pastoral: Teori dan Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ikhsan, J., Utomo, M. P., Sunarto, E. P., Kristianingrum, S., Abyoga, M. W., Afif, A., & Khaizuron, S. (2014). Upaya Peningkatan Kompetensi TIK Guru Kimia SMA/MA Di Era Digital Melalui Insert-CT (In-Service Training for Chemistry Teachers). In Seminar Nasional LPPM UNY ISBN (pp. 978-979).
Perpusnas, P. (2021, November 19). Pelatihan sebagai Proses Pembelajaran dengan Sistem Terbuka. Retrieved from Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/174/pelatihan-sebagai-proses-pembelajaran-dengan-sistem-terbuka
Semiawan, C. R. (219). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.