Pelatihan Model Bisnis Kanvas Bagi Penyangrai Kopi Rumahan

Authors

  • Veny Purba Universitas Langlangbuana
  • Dina Alamianti Universitas Langlangbuana
  • Dimas A Azhar Universitas ARS

DOI:

https://doi.org/10.36555/jptb.v4i2.2189

Keywords:

Model bisnis, komunikasi, Sangrai kopi, Usaha Kecil Menengah

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini dilakukan adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya model bisnis serta penerapan model bisnis yang sesuai bagi pelaku usaha sangrai kopi rumahan dalam rangka meningkatkan potensi industri kopi. Kemunculan kopi specialty dan biji kopi yang berasal dari beragam daerah serta mempunyai karakter rasa berbeda membuat eksplorasi terhadap biji kopi menjadi sebuah tren yang berkembang hingga sekarang. Satu diantaranya dengan semakin banyaknya kedai kopi maka semakin banyak para penyangrai kopi, mulai dari penyangrai rumahan hingga penyangrai kopi dengan kapasitas yang lebih besar. Penyangrai kopi rumahan mempunyai potensi untuk mengembangkan usahanya namun kendala yang muncul adalah penyangrai rumahan belum memahami model bisnis seperti apa yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usahanya. Kegiatan ini dilakukan selama 6 bulan dimulai dengan bulan pertama dan kedua dilakukan pemetaan masalah model bisnis bagi pelaku sangrai kopi rumahan, bulan ke tiga dan empat merupakan pelatihan dalam bentuk workshop tentang masalah yang sudah dipetakan dan bulan berikutnya dilakukan evaluasi terhadap implementasi hasil pelatihan. Hasil akhir dari kegiatan berdasarkan masukan dari mitra yaitu model bisnis cetak biru yang penting untuk dipahami bagi para pelaku usaha khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM).

Author Biographies

Veny Purba, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dina Alamianti, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Candraningrat, C. Y. (2021). Pengembangan Strategi Bisnis Melalui Bmc (Business Model Canvas) Dan Strategi Pemasaran Bagi Umkm Sari Delight Surabaya. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-24.

Iriantara, Y., Subarna, T., & Rochman, S. (2014). Komunikasi Bisnis. Retrieved from Universitas Terbuka: http://repository.ut.ac.id/4767/1/EKMA4159-M1.pdf

Lesmana, A. C. (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Pelatihan BMC pada Mitra UMKM. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 3(1), 7-15.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Purba, V., Alamianti, D., & Azhar, D. A. (2022). Pelatihan Model Bisnis Kanvas Bagi Penyangrai Kopi Rumahan. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 4(2), 87–92. https://doi.org/10.36555/jptb.v4i2.2189