Penguatan Kemampuan Sumberdaya Manusia Trini Karya dalam Implementasi e-Business
DOI:
https://doi.org/10.36555/jptb.v4i2.2174Keywords:
Digital Marketing, Digitalisasi Laporan Keuangan, E-BusinessAbstract
Sebagian masyarakat perempuan Dusun Trini terjaring pada sektor pekerjaan informal. Para perempuan tersebut merupakan pekerja/buruh rumahan yang dipekerjakan oleh perusahaan dalam bidang finishing dan melipat paper bag (tas kertas). Para perempuan buruh rumahan ini telah bertahun-tahun mengerjakan ratusan lipatan tas kertas akan tetapi hingga saat ini mereka tidak diupah secara layak. Selain itu dalam menjalankan usahanya memiliki kendala seperti tenaga pemasaran online usahanya memiliki kendala seperti tenaga pemasaran online yang masih terbatas, rendahnya kemampuan melayani order (pemintaan konsumen), serta rendahnya inovasi produk. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan sumber daya manusia Trini Karya dalam implementasi e-business. Adapun metode yang dilakukan dalam pengabdian ini diantaranya melakukan pelatihan dan pendampingan dalam bidang pemasaran online (digital marketing), serta melakukan studi banding ke UKM yang telah berhasil mengimpelementasikan e-business. Hasil dari pengabdian yang telah dilakukan kini Trini sudah memiliki bekal untuk mengembangkan usahanya ke arah digital dengan cara memperkuat kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki melalui pendampingan, pelatihan, melakukan studi banding dalam aspek sumber daya manusia, digital marketing, dan manajemen keuangan. Beberapa hal yang menjadi catatan bagi Trini Karya dari seluruh serangkaian proses pengabdian kepada masyarakat ini adalah seluruh tim Trini Karya dapat mengimplementasikan strategi digitalisasi dalam pemasaran (digital marketing), sumber daya manusia, serta digitalisasi laporan keuangan sehingga Trini Karya dapat lebih maju lagi dan memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap kelompok masyarakat perempuan di Trini Karya.
References
Hani Handoko T, Manajemen, BPFE, Yogyakarta, 2000
Hadining et al. - Workshop Dan Strategi Implementasi E-Commerce Pada UKM Manufaktur Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan E-Business Di Masa Pandemi Covid-19. Volume 6. No.2. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.