Penguatan Kapasitas Digital Sekolah Melalui Implementasi ZYA CBT
Studi Kasus di MTs. Miftahul Falah Bandung
DOI:
https://doi.org/10.70825/jptb.v7i1.2337Kata Kunci:
desain pembelajaran, literasi digital, kesiapan sekolah, evaluasi pelatihan, inovasi pendidikanAbstrak
Transformasi digital pendidikan menuntut solusi inovatif bagi sistem evaluasi yang masih didominasi ujian berbasis kertas. MTs. Miftahulfalah Bandung menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan kemampuan admin IT dalam mengelola aplikasi ujian online, guru yang belum terbiasa membuat bank soal digital, serta siswa yang kurang berpengalaman menghadapi ujian berbasis komputer. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat kapasitas digital melalui penerapan aplikasi ZYA Computer Based Test (CBT). Dengan menggunakan model desain pembelajaran ADDIE, program meliputi analisis kebutuhan, perancangan modul pelatihan, pengembangan sistem, lokakarya terpandu, serta evaluasi menyeluruh. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi yang signifikan, dengan skor post-test naik 41,67% pada admin IT, 45,45% pada guru, dan 56% pada siswa. Tingkat kepuasan peserta juga sangat tinggi, dengan skor rata-rata 4,5 pada skala Likert, menandakan penerimaan positif terhadap pelatihan. Temuan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis ADDIE efektif mendukung adopsi sistem evaluasi digital di sekolah. Implikasinya, ZYA CBT berpotensi menjadi solusi berkelanjutan untuk meningkatkan literasi digital, efisiensi evaluasi, serta kesiapan menghadapi asesmen nasional berbasis komputer.
Referensi
Ardiansyah, F., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan model pelatihan berbasis ADDIE untuk meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 112–123.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.
Draper-Rodi, J., Vogel, S., Schreiber, J., & Thomson, O. P. (2018). Design and development of an e-learning programme. International Journal of Osteopathic Medicine, 30, 30–39. https://doi.org/10.1016/j.ijosm.2018.03.001
Gavarkovs, A. G., Burke, S. M., Petrella, R. J., & Glover, J. (2019). A protocol for designing online training to support the implementation of community-based interventions. Educational Research Review, 27, 56–72. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.01.002
Lutfi, A. (2020). ZYA CBT: Aplikasi Ujian Online Berbasis CodeIgniter dan MySQL. Diakses dari https://achmadlutfi.wordpress.com/
Mullins, K., et al. (2014). Instructional design model for integrating information literacy. The Journal of Academic Librarianship, 40(3–4), 339–349. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2014.03.001
Nadiyah, R. S., & Faaidah, F. S. (2015). The development of online project-based collaborative learning using the ADDIE model. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392
Ozdilek, Z., & Robeck, E. (2009). Operational priorities of instructional designers analyzed within the ADDIE framework. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2046–2050. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.359
Putra, R., Santoso, H., & Wibowo, A. (2023). Evaluasi kepuasan peserta pelatihan berbasis teknologi menggunakan model Likert. Jurnal Media Pendidikan, 9(1), 55–67.
Rohmadi, M., & Septiana, N. (2025). Implementasi aplikasi ZYA CBT pada FTIK IAIN Palangka Raya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 45–56. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/65241
Rustandi, A., & Rismayanti, R. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.