Penguatan Kapasitas Digital Sekolah Melalui Implementasi ZYA CBT

Studi Kasus di MTs. Miftahul Falah Bandung

Penulis

  • Asep Hidayat Universitas Langlangbuana
  • Andriana Universitas langlangbuana
  • Zulkarnain Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.70825/jptb.v7i1.2337

Kata Kunci:

desain pembelajaran, literasi digital, kesiapan sekolah, evaluasi pelatihan, inovasi pendidikan

Abstrak

Transformasi digital pendidikan menuntut solusi inovatif bagi sistem evaluasi yang masih didominasi ujian berbasis kertas. MTs. Miftahulfalah Bandung menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan kemampuan admin IT dalam mengelola aplikasi ujian online, guru yang belum terbiasa membuat bank soal digital, serta siswa yang kurang berpengalaman menghadapi ujian berbasis komputer. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat kapasitas digital melalui penerapan aplikasi ZYA Computer Based Test (CBT). Dengan menggunakan model desain pembelajaran ADDIE, program meliputi analisis kebutuhan, perancangan modul pelatihan, pengembangan sistem, lokakarya terpandu, serta evaluasi menyeluruh. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi yang signifikan, dengan skor post-test naik 41,67% pada admin IT, 45,45% pada guru, dan 56% pada siswa. Tingkat kepuasan peserta juga sangat tinggi, dengan skor rata-rata 4,5 pada skala Likert, menandakan penerimaan positif terhadap pelatihan. Temuan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis ADDIE efektif mendukung adopsi sistem evaluasi digital di sekolah. Implikasinya, ZYA CBT berpotensi menjadi solusi berkelanjutan untuk meningkatkan literasi digital, efisiensi evaluasi, serta kesiapan menghadapi asesmen nasional berbasis komputer.

Biografi Penulis

Asep Hidayat, Universitas Langlangbuana

Dosen Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Andriana, Universitas langlangbuana

Dosen Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Zulkarnain, Universitas Langlangbuana

Dosen Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Referensi

Ardiansyah, F., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan model pelatihan berbasis ADDIE untuk meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 112–123.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.

Draper-Rodi, J., Vogel, S., Schreiber, J., & Thomson, O. P. (2018). Design and development of an e-learning programme. International Journal of Osteopathic Medicine, 30, 30–39. https://doi.org/10.1016/j.ijosm.2018.03.001

Gavarkovs, A. G., Burke, S. M., Petrella, R. J., & Glover, J. (2019). A protocol for designing online training to support the implementation of community-based interventions. Educational Research Review, 27, 56–72. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.01.002

Lutfi, A. (2020). ZYA CBT: Aplikasi Ujian Online Berbasis CodeIgniter dan MySQL. Diakses dari https://achmadlutfi.wordpress.com/

Mullins, K., et al. (2014). Instructional design model for integrating information literacy. The Journal of Academic Librarianship, 40(3–4), 339–349. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2014.03.001

Nadiyah, R. S., & Faaidah, F. S. (2015). The development of online project-based collaborative learning using the ADDIE model. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392

Ozdilek, Z., & Robeck, E. (2009). Operational priorities of instructional designers analyzed within the ADDIE framework. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2046–2050. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.359

Putra, R., Santoso, H., & Wibowo, A. (2023). Evaluasi kepuasan peserta pelatihan berbasis teknologi menggunakan model Likert. Jurnal Media Pendidikan, 9(1), 55–67.

Rohmadi, M., & Septiana, N. (2025). Implementasi aplikasi ZYA CBT pada FTIK IAIN Palangka Raya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 45–56. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/65241

Rustandi, A., & Rismayanti, R. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Hidayat, A., Andriana, & Zulkarnain. (2025). Penguatan Kapasitas Digital Sekolah Melalui Implementasi ZYA CBT: Studi Kasus di MTs. Miftahul Falah Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.70825/jptb.v7i1.2337