Pemberdayaan Sosial Ekonomi Pedagang Makanan di Kelurahan Cikawao Kecamatan Lengkong Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.70825/jptb.v7i1.2336Kata Kunci:
kualitas produk, diversifikasi produk, strategi pemasaran, pemberdayaan sosial ekonomiAbstrak
Usaha Mikro merupakan penyerap tenaga kerja terbesar, memberikan lapangan pekerjaan bagi jutaan orang, terutama di sektor informal. Kelurahan Cikawao, Lengkong, Bandung adalah wilayah perkotaan padat penduduknya, beragam status ekonomi , perkantoran, pendidikan , kuliner sehingga menjadi daya tarik para pebisnis untuk melakukan berbagai kegiatan dan bermunculan pula usaha mikro dengan beragam jenis usaha, berdasarkan data usaha mikro di kecamatan Lengkong sebanyak 360 UMKM. Masalah yang ditetapkan: 1) Rendahnya kualitas produk dan diversifikasi makanan untuk dipasarkan; 2) Terbatasnya pemasaran produk; 3) Belum terbentuknya pengorganisasian kelompok usaha, 4) Sulitnya mendapat bantuan modal usaha; 5) Terbatasnya fasilitas infrastuktur untuk jualan. Metode yang diguanakan dalam PKM adalah 1) Meningkatkan kualitas produk dan diversifikasi produk makanan dengan melakukan pelatihan, 2) Memperluas pemasaran produk makanan, 3) Pengorganisasian kelompok dengan melakukan FGD, 4) Pemberian pinjaman dari Unla Peduli untuk mendapatkan modal usaha, 5) Mendapatkan fasilitas sarana untuk usaha kepada stakeholder. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat: 1) Ada penambahan produk yang dihasilkan oleh usaha makanan, 2) Perluasan pemasaran dengan menghubungkan dengan lembaga yang membutuhkan makanan terutama untuk makan gratis Jumat Barokah, 3) pembentukannya komunitas usaha makanan bernama ”Kelompok Usaha Maju Bersama”, 4) Proses pendampingan usaha untuk membuat proposal pendanaan, 5)Mendapatkan fasilitas sarana untuk usaha kepada stakeholder
Referensi
Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa andemic Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47-65.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa andemic covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233-247.
Dedy Ansari Harahap, Dita Amanah. “Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus”, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Jakarta: Universitas Islam Sumatera Utara. Volume 9 Nomor 2 (2018): 195.
Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N. N., Nurmahfidhoh, R., & Habib, M. A. F. (2021). Analisis pemberdayaan UMKM pada masa andemic COVID-19. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam (SOSEBI), 1(1), 83-94.
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 1, pp. 30-39).
Kunyati, Siti Anah; Radianti, Jaziar (2024), Community Asset Mapping in Indonesian Local Micro Enterprise Empowerment: Insights fromSukamantri Village. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, DOI : 10.14421/jpm.2024.081-05. https://ejournal.uin-suka.ac.id./dakwah/JPMI
Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).
Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa andemic Covid-19. Perbanas Journal of Business and Banking, 11(1), 73-92.
Pramiarsih, E. Eka, et al (2023). Manajemen Pemasaran. Mafy Media Literasi Indonesia, Solok, Sumatra Barat.
Pramiarsih, E. Eka, et al (2023) Konsep pemasaran di Era Digitaal , Mafi Media Literasi Indonesia
Pramiarsih, E. Eka (2024) Perilaku Konsumen Di Era Digital , Deepublish Yogyakarta
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.
Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. (2020). Strategi UKM pada masa andemic Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67-74.
Utami, Diva & Putri, Sri & Permana, Erwin. (2022). Pemanfaatan Shopeefood Sebagai Strategi Marketing Digital Pada UMKM di Depok Selama Covid-19. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. 13. 78-84. 10.47927/jikb.v13i2a.382.
Zaenudin, A. (2017). Profil Konsumen Belanja Online di Indonesia. Diperoleh dari
https://tirto.id/profil-konsumen-belanja-online-di-indonesia-cuEG
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.