Optimalisasi Artificial Intelligent (Ai) dalam Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Umat Melalui Pengembangan Potensi Produk Halal
DOI:
https://doi.org/10.70825/jptb.v7i1.2335Kata Kunci:
kewirausahaan, pendampingan, inovasi, literasi digital, ekosistemAbstrak
Kewirausahaan merupakan isu strategis dalam pengabdian kepada masyarakat karena kontribusinya dalam mengurangi pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi. Universitas Islam Bandung melalui Program Studi Manajemen melaksanakan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) sebagai respon terhadap rendahnya minat dan kesiapan mahasiswa dalam berwirausaha. Program ini dirancang dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif, melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses rekrutmen, pelatihan, dan pendampingan usaha. Salah satu keunikan program ini adalah integrasi teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai alat bantu kewirausahaan. Aplikasi seperti ChatGPT dan Bard dimanfaatkan untuk riset pasar dan validasi ide bisnis, sementara Canva, Pictory.ai, dan Gamma.app digunakan dalam pembuatan konten untuk meningkatkan daya tarik dan branding usaha. Hasil pelaksanaan program menunjukkan capaian signifikan: seluruh tenant berhasil memperoleh legalitas usaha (NIB dan sertifikasi), menghasilkan produk dengan perlindungan kekayaan intelektual (KI), serta memublikasikan artikel ilmiah yang mendapat eksposur media. Program ini juga diperkuat melalui kolaborasi strategis dengan HIPMI PT, yang mendukung pengembangan ekosistem kewirausahaan di lingkungan kampus. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis praktik dengan pendampingan berkelanjutan mampu meningkatkan motivasi, kesiapan, serta niat berwirausaha mahasiswa, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi.
Referensi
Achamadi, Santoso, G., Rasenda, Rini, N., & Ramadhani, N. E. (2025). Inovasi Dan Kreativitas Dalam Kewirausahaan : Strategi Bertahan Di Era Digital. JUBISDIGI : Jurnal Bisnis Digital, 01(01), 74–82. https://doi.org/10.9030/jubisdigi.v1i1.931
Aprillianita, P. Y., Ahman, E., & Kodri, K. (2020). Internalisasi soft skills dan minat kewirausahaan dalam pembentukan jiwa kewirausahaan. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 70–78. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i2.4578
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676
Khawar, R., Amin, R., Zulfqar, A., Hussain, S., Hussain, B., & Muqaddas, F. (2022). Dark personality traits and entrepreneurial intentions among Pakistani university students: The role of executive functions and academic intent to entrepreneurship. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.989775
Mujtaba, G., Zulkiffli, S. N. ‘Atikah, Padlee, S. F., Mohamed, W. N., & Sukri, N. K. A. (2025). Impact of Entrepreneurial Inspiration, Awareness, and Skills on University Students’ Entrepreneurial Intentions: The Mediating Role of Entrepreneurial Education. Administrative Sciences, 15(1). https://doi.org/10.3390/admsci15010015
Nazira, C. M., & Kartika, L. (2022). EVALUATION OF THE EFFECTIVENESS AND SUSTAINABILITY OF THE BUSINESS INCUBATOR PROGRAM IN CREATING ENTREPRENEURS IN INDONESIA. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 168. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13702
Rohandi, Mochamad Malik Akbar;Permana Rezi Muhamad Taufik;Cintyawati , Cici;Gumelar, E. T. (2023). Fondasi Utama Pengelolaan UMKM (D. Kreatif (ed.)).
Sagita, G., & Raphael Wijaya, Z. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i3.37
Widodo, W., Baswedan, A. R., Suyata, P., & Eka Saputra, W. N. (2025). Entrepreneurship education in vocational schools: an Indonesian model. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 14(1), 373. https://doi.org/10.11591/ijere.v14i1.32317
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.