Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SDN 221 Babakan Sentral Bandung dalam Program Kampus Mengajar

Penulis

  • Sidiq Aulia Rahman Universitas Langlangbuana
  • Dimas Arif Santoso Universitas Merdeka Malang
  • Firgi Saridaningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • lian Assyra Maulida Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heti Nurhasanah Universitas Islam Nusantara
  • Hevi Agnes Setia Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2316

Kata Kunci:

kampus merdeka, literasi, numerasi

Abstrak

Program Kampus Mengajar (KM) di SDN 221 Babakan Sentral Bandung bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pendampingan pembelajaran dan pelaksanaan program peningkatan literasi dan numerasi serta penyesuaian bahan ajar dan pemanfaatan media dan lingkungan sekolah. Hasil tes awal dan akhir menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi (44%-57%) dan numerasi (44%-60%) siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan inovatif, keterlibatan siswa, dan pemanfaatan alat permainan edukatif efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Implikasi dari hasil ini adalah perlunya replikasi program serupa di sekolah-sekolah lain dengan tantangan serupa untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa secara berkelanjutan.

Referensi

Damayanti, N. W., & Ikhwaningrum, D. U. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Berbasis Aktivitas Pola Hidup Sehat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(3), 1–5.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Dewi, A. C., Lamasitudju, C. S., & Jaya, H. (2022). Berbasis Stem Di SMK Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Dan Numerasi. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 9(2), 51–58.

Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2606–2615. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2422

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Pratiwi, A. E., & Tranggono, D. (2023). Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi SDN Abstrak. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 164–170.

Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274.

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah, Z. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153

Rahman, S. A., Kosasih, U., & Saputra, S. (2022). Merancang Media Pembelajaran Etnomatematika untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Bandung. VIVABIO, Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4, 92–96.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Zuhra, F., & Safarati, N. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. Journal Ummat, 5(6), 5–12.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Rahman, S. A., Santoso, D. A., Saridaningsih, F., Maulida, lian A., Nurhasanah, H., & Setia, H. A. (2024). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SDN 221 Babakan Sentral Bandung dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(2), 178–187. https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2316