Pembelajaran Bahasa Daerah dalam Upaya Mengenalkan Keragaman Bahasa Daerah Indonesia di Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor, Malaysia

Penulis

  • Wini Wahdaniah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Hana Astria Nur
  • Hermawan
  • Tio Heriyana
  • Oman Hadiana

DOI:

https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2310

Kata Kunci:

bahasa daerah, bahasa sunda, kemampuan berbahasa, manuk dadali

Abstrak

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan perbedaan dan keragamannya sebagaimana telah tertuang dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Salah satu keragaman yang dimiliki yaitu bahasa daerah. Bahasa daerah perlu dilestarikan agar keragaman itu tetap terjaga seperti bahasa Sunda. Bahasa Sunda merupakan bahasa daerah Jawa Barat yang menjadikan ciri bagi masyarakat Indonesia yang tinggal didalamnya. Tujuan dari diterapkannya pembelajaran bahasa daerah ini dimaksudkan untuk memperkenalkan satu dari sekian banyaknya bahasa daerah yang ada di Nusantara serta memberikan pengalaman belajar bahasa yang menarik dan bermakna. Manfaat pembelajaran bahasa Sunda di Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor, Malaysia yaitu mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan berbahasa yang lebih luas bagi para siswa. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan pengenalan tentang bahasa daerah Sunda yaitu dengan menggunakan metode lagu, yaitu melalui lagu "Manuk Dadali" yang merupakan lagu khas daerah Jawa Barat. Responden dalam penelitian ini sebanyak 15 orang yang merupakan siswa kelas V dan VI. Langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu melalui proses menyusun perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan juga dilakukan evaluasi sebagai refleksi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu menunjukan adanya hasil terkait pengetahuan tentang bahasa daerah di kelas V dan VI Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor, Malaysia masih sangat minim dan rendah. Namun, setelah proses pembelajaran tentang bahasa daerah diterpakan, menunjukkan motivasi dan minat yang tinggi dari siswa-siswi untuk mempelajari bahasa daerah. Hal ini ditunjukkan dengan semangat mereka ketika pembelajaran bahasa daerah (Sunda) berlangsung, antusias mereka sangat luar biasa.

Referensi

Aini, N. (2019) ‘Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari’, Universitas Mitra Indonesia, p. 3.

Faishol, R. and Mashuri, I. (2021) ‘PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 2 MI TARBIYATUS SIBYAN SRONO’, International Journal of Educational Resources [Preprint].

Faturohman, O., Sudrajat, A. and Ghoer, H.F. (2022) ‘Manajemen Kurikulum Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Sunda’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), pp. 1233–1245. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.551.

Hermanto, B. (2020) ‘Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa’, Foundasia, 11(2), pp. 52–59. Available at: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933.

Julianti, D. and Siagian, I. (2023) ‘Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia’, Innovative: Journal Of Social Science …, 3, pp. 5829–5836.

Munawaroh, H. et al. (2022) ‘Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), pp. 4057–4066. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600.

No, V. (2024) ‘Jurnal Teknologi Pendidikan PENDEKATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA’, 2(2).

Pendidikan, J. and Konseling, D. (no date) Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas IV SD dalam Menunjang Proses Pembelajaran.

Tri Widyahening, C.E. and Sufa, F.F. (2021) ‘Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), pp. 1135–1145. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638.

Widianto, E. (2018) ‘Pemertahanan Bahasa Daerah melalui Pembelajaran dan Kegiatan di Sekolah’, Jurnal Kredo, 1(2), pp. 1–13.

Wiriyanti, K. et al. (2003) PENGEMBANGAN BAHASA SUNDA SISWA SEKOLAH DASAR TANAH PASUNDAN DENGAN MEDIA VISUAL DIGITAL.

Unduhan

Diterbitkan

27-12-2024

Cara Mengutip

Wahdaniah, W., Nur, H. A., Hermawan, Heriyana, T., & Hadiana, O. (2024). Pembelajaran Bahasa Daerah dalam Upaya Mengenalkan Keragaman Bahasa Daerah Indonesia di Sanggar Bimbingan Rawang, Selangor, Malaysia. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(2), 147–154. https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2310