Pembinaan Karakter Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kampung Bharu Kuala Lumpur Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2302Kata Kunci:
pembinaan karakter, pencegahan bullyingAbstrak
Orang tua merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi seorang anak, karena orang tua memiliki peran ensesial dalam pembinaan karakter anak. Pencegahan bullying ini merupakan isu yang paling penting dalam memastikan lingkungan yang aman dan positif bagi semua individu, terutama di lingkungan pendidikan seperti disanggar bimbingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SB Muhammadiyah kampung bharu kuala lumpur Malaysia dengan melakukan shering mengenai pentingnya pencegahan intimidasi di kalangan Masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sosialisasi. Pelaksanaan sosialisasi pelatihan karakter sebagai upaya pencegahan bullying berlangsung selama 1 hari tepatnya di sanggar bimbingan kampung bharu kuala lumpur Malaysia dengan dihadiri oleh 30 peserta dan pengelola sanggar kampung bharu. Pentingnya pelatihan karakter pada anak-anak sebagai upaya pencegahan bullying di sanggar bimbingan Muhammadiyah Kampung Bharu, Kuala Lumpur, Malaysia sangat penting karena sebagai pendidikan informal harus memiliki peran dan strategi tentunya dalam membentuk karaktek yang dimilikinya, sehingga dapat menjadi proses pemeliharaan yang efektif terhadap perilaku Bulliying. Pembinaan karakter ini tentu diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menanggulangi potensi kasus bullying dikalangan peserta didik.
Referensi
Normina. (2014). Masyarakat dan Sosialisasi. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12(22), 107–115. http://sharenexchange.blogspot.com/2010/02/sosialisasi-masyarakat_8061.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308
Arifin Nur Budiono1, M. N. S. (2018). PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENURUNAN BULLYING VERBAL DI KELAS VIIIB MTs AL-MA’ARIF WULUHAN. Arifin Nur Budiono1 , Muhammad Nur Salim2, Vol 6, No(1), 190–199.
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Indra, R. (2022). GURU PROFESSIONAL DALAM LINTASAN ZAMAN Dari kurikulum zaman kemerdekaan hingga kurikulum merdeka. www.ypsimbanten.com
Islami, U. D. A. N. (2023). Penguatan Pengetahuan Siswa Tentang Bullying. 7(6), 5–12.
Maemunah, M., Sakban, A., & Kuniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 43. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16762
Nurhidayat, N., Muthali’in, A., Handayani, S., Maryadi, M., Sari, K. N., Al Haniyah, I. W., Ulfa, K. N., Firdareza, R. M. F., Maulidiya, K., Ratnasari, E., & Andaruningtyas, N. F. (2020). Penanggulangan Bullying dalam Pembetukan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10784
Prastika, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Persalinan Terhadap Kecemasan Primigravida Trimester III Di Puskesmas Ciputat. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 3, 4–5.
Sabir, A., Putra, Y. I., Fauziah, F., Ridoh, A., & Yanti, F. (2023). Sosialisasi dan Bimbingan Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Datar. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 59–66. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.675
Sains, J., Humaniora, S., Prastiti, J. P., & Anshori, I. (2023). Efek Sosial Dan Psikologis Perilaku Bullying. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 7(1), 69–77.
Yunika1, R., Alizamar2, & Sukmawati, I. (2013). KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling. 2(September), 21–25.
Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.