Optimalisasi Kearifan Lokal Indonesia Melalui Sosialisasi dan Latihan Pencak Silat Tapak Suci pada Siswa SB Hulu Langat Selangor Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2299Kata Kunci:
Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Pencak Silat, Tapak SuciAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh tim KKN-KI PTMA Universitas Muhammadiyah Kuningan menghadirkan sharing ilmu pengetahuan melalui program-program untuk masyarakat di lingkungan Sanggar Bimbingan (SB) Hulu Langat, Selangor, Malaysia khususnya untuk guru-guru dan para peserta didik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melaksanakan program sosialisasi kearifan lokal Indonesia melalui latihan Pencak Silat Tapak Suci yang berdasarkan hasil analisis dan tujuan mahasiswa KKN. Metode kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan metode focus group discussion (FGD) baik secara internal sebagai tim pengabdian kepada Masyarakat maupun dengan warga Sanggar Bimbingan Hulu Langat. Hasil kegiatan dari program ini berupa latihan Pencak Silat Tapak Suci yang meliputi latihan kuda-kuda dan jurus dasar.
Referensi
Dosen, D., Tarbiyah, F., Uin, K., Darussalam, A.-R., & Aceh, B. (n.d.). KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER. http://jurnal.pasca.uns.ac.id,
Faiz, A., & Soleh, B. (2021a). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Faiz, A., & Soleh, B. (2021b). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Gristyutawati, A. D., Purwono, P., Widodo, A., Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2012). PERSEPSI PELAJAR TERHADAP PENCAK SILAT SEBAGAI WARISAN BUDAYA BANGSA SEKOTA SEMARANG TAHUN 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Hadiana, O., Subarjah, H., Ma’mun, A., Mulyana, M., Budi, D. R., & Rahadian, A. (2022). Pencak Silat Tapak Suci: Overview in a Historical Perspective of Muhammadiyah Autonomic Organizations in Indonesia. JUARA : Jurnal Olahraga, 7(2), 408–416. https://doi.org/10.33222/juara.v7i2.1915
Muis, A. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTRA MUHAMMADIYAH DI SD MUHAMMMADIYAH 1 MENGANTI GRESIK.
Pingge, H. D. (2017). KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Jurnal STKIP Weetebula. In Jurnal Edukasi Sumba (Vol. 01, Issue 02).
Pitri Arisandi, N., Halimah, L., Heryani, H., Hidayah, Y., Sujastika, I., Pasundan, S., Kunci, K., Lokal, K., Silat, P., & Pendidikan Karakter, P. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter pada Kesenian Pencak Silat. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(5), 921–938. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1551
Sugiharto, A. F., & Rejeki, H. S. (2023). Inovasi model latihan gerak pencak silat untuk anak usia 9 – 12 tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 167. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16576
Wahyu, D., Tinggi, D. S., Sosial, I., Politik, I., & Raya, B. (2017). KEARIFAN LOKAL SEBAGAI FILTER DARI GLOBALISASI (STUDI PADA KEARIFAN LOKAL BUDAYA PENCAK SILAT DI DESA PASIRKARAG KECAMATAN KORONCONG KABUPATEN PANDEGLANG)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.