Pelatihan Manajemen Konten Promosi pada Media Sosial untuk Peningkatan Brand Produk Home-Industry

Penulis

  • Erni Purbiyanti Universitas Sriwijaya
  • Utan Sahiro Ritonga Universitas Sriwijaya
  • Yunita Universitas Sriwijaya
  • Nurilla Elysa Putri Universitas Sriwijaya
  • Merna Ayu Sulastri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2291

Kata Kunci:

pelatihan digital, pemasaran online, media sosial

Abstrak

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui peningkatan kemampuan dan kemandirian. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, diharapkan masyarakat dapat menemukan solusi untuk masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan. Di era digital, penting bagi pemangku kepentingan untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan platform digital seperti media sosial untuk pemasaran produk. Indonesia dengan lebih dari 204.7 juta pengguna internet, menunjukkan potensi besar dalam memanfaatkan pemasaran online. Melalui penyuluhan dan pelatihan, masyarakat dapat belajar mengelola konten promosi secara efektif yang mencakup Efektifitas Waktu posting, Unsur Konten, Penggunaan hashtag (tagar), Jenis konten promosi, Perencanaan konten promosi, Topik konten promosi, Fungsi Copywriting, dan Penggunan Aplikasi Artificial Intelligent (AI) pada Copywriting. Kegiatan pengabdian yang diikuti oleh 25 orang anggota kelompok Sadar Wisata Desa Burai dengan tingkat pendidikan mayoritas SMA merupakan potensi Sumber Daya Manusia yang cukup baik untuk mendukung pengembangan ekonomi desa. Hasil evaluasi terhadap peserta menunjukkan peningkatan kemampuan sebesar 80% dalam beberapa aspek seperti memilih waktu posting yang paling efektif, memilih konten video sebagai unsur konten yang paling responsif, efisiensi penggunaan jumlah hastag, pemilihan jenis video sebagai konten promosi yang paling efektif, dan perencanaan konten yang terjadwal. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan khususnya dalam pemilihan topik konten promosi, pemahaman fungsi copywriting, dan penggunaan aplikasi AI untuk mendukung copywriting, yang hanya mencapai peningkatan kemampuan sebesar 50% dari total jumlah peserta. Hal ini mengindikasikan masih perlunya program pelatihan yang lebih intensif dari segi frekuensi dan kualitas pelatihan untuk meningkatkan kompetensi manajemen konten promosi yang menjangkau lebih banyak respon pengguna media sosial.

Biografi Penulis

Erni Purbiyanti, Universitas Sriwijaya

Fakultas Pertanian

Yunita, Universitas Sriwijaya

Fakultas Pertanian

Nurilla Elysa Putri, Universitas Sriwijaya

Fakultas Pertanian

Merna Ayu Sulastri, Universitas Sriwijaya

Fakultas Pertanian

Referensi

Abdussamad, Z., & Muhtar, M. H. (2022). Etika Penggunaan Media Sosial Dalam Promosi Destinasi Wisata di Desa Patoameme. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 132–139. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i2.339

Agustina, L. (2020). Viralitas Konten di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160.

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., Juliardi A. R., N. R., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.22

Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 74–91. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353%0Ahttps://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/download/353/309

Juliasari, A., Malihah, I., & Hidayati, L. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @Somethincofficial. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 260–265. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i2.368

Muhiban, A., & Wartono, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Mexalminuz Clothing di Kudus (Studi Kasus: Penggunaan Media Sosial Facebook dan Instagram). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6(2), 267–279. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.635

Permana, I. P. H., & Pratiwi, N. K. A. N. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Bisnis Kuliner pada Komunitas Online @deliciousbali. JUSTBEST: Journal of Sustainable Business and Management, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.52432/justbest.1.1.2021.12-18

Purba, V., Robi, F. A. T., & Sadikin, T. (2021). Peningkatan Komunikasi Merek dan Pemasaran Digital Bagi UMKM. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 108–112. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1814

Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. Proceeding of The URECOL, 7, 304–314. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/75/73

Puspita, C., Anggraini, M., Salsabila, A., Wardhana, B. K., & Budiandru. (2023). Meningkatkan Efektifitas Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa dan Hubungannya Dengan Bisnis Online. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2461–2469.

Sahtriani, M., & Siregar, A. (2023). Manfaat Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan UKM. Musytari, 3(1), 21–30.

Sugiarto, C. (2020). Pelatihan Branding Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(2), 1–5. https://doi.org/10.20961/semar.v8i2.40203

Sukoco, H., & Krisnaresanti, A. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Adaptasi Strategi Pemasaran Umkm Saat Pandemi Covid-19: Tinjauan Literatur. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.59066/jmae.v3i1.665

Utami, G. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Jaringan Pasar. Journal Economy And Currency Study (JECS), 4(2), 93–98.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal BUDIMAS, 4(1), 1–8.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-27

Cara Mengutip

Purbiyanti, E., Ritonga, U. S., Yunita, Putri, N. E., & Sulastri, M. A. (2024). Pelatihan Manajemen Konten Promosi pada Media Sosial untuk Peningkatan Brand Produk Home-Industry. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(2), 79–85. https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2291