Pelatihan Manajemen Konten Promosi pada Media Sosial untuk Peningkatan Brand Produk Home-Industry
DOI:
https://doi.org/10.70825/jptb.v6i2.2291Kata Kunci:
pelatihan digital, pemasaran online, media sosialAbstrak
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui peningkatan kemampuan dan kemandirian. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, diharapkan masyarakat dapat menemukan solusi untuk masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan. Di era digital, penting bagi pemangku kepentingan untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan platform digital seperti media sosial untuk pemasaran produk. Indonesia dengan lebih dari 204.7 juta pengguna internet, menunjukkan potensi besar dalam memanfaatkan pemasaran online. Melalui penyuluhan dan pelatihan, masyarakat dapat belajar mengelola konten promosi secara efektif yang mencakup Efektifitas Waktu posting, Unsur Konten, Penggunaan hashtag (tagar), Jenis konten promosi, Perencanaan konten promosi, Topik konten promosi, Fungsi Copywriting, dan Penggunan Aplikasi Artificial Intelligent (AI) pada Copywriting. Kegiatan pengabdian yang diikuti oleh 25 orang anggota kelompok Sadar Wisata Desa Burai dengan tingkat pendidikan mayoritas SMA merupakan potensi Sumber Daya Manusia yang cukup baik untuk mendukung pengembangan ekonomi desa. Hasil evaluasi terhadap peserta menunjukkan peningkatan kemampuan sebesar 80% dalam beberapa aspek seperti memilih waktu posting yang paling efektif, memilih konten video sebagai unsur konten yang paling responsif, efisiensi penggunaan jumlah hastag, pemilihan jenis video sebagai konten promosi yang paling efektif, dan perencanaan konten yang terjadwal. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan khususnya dalam pemilihan topik konten promosi, pemahaman fungsi copywriting, dan penggunaan aplikasi AI untuk mendukung copywriting, yang hanya mencapai peningkatan kemampuan sebesar 50% dari total jumlah peserta. Hal ini mengindikasikan masih perlunya program pelatihan yang lebih intensif dari segi frekuensi dan kualitas pelatihan untuk meningkatkan kompetensi manajemen konten promosi yang menjangkau lebih banyak respon pengguna media sosial.
Referensi
Abdussamad, Z., & Muhtar, M. H. (2022). Etika Penggunaan Media Sosial Dalam Promosi Destinasi Wisata di Desa Patoameme. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 132–139. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i2.339
Agustina, L. (2020). Viralitas Konten di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160.
Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., Juliardi A. R., N. R., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.22
Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 74–91. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/view/353%0Ahttps://ejournal.iaida.ac.id/index.php/loyal/article/download/353/309
Juliasari, A., Malihah, I., & Hidayati, L. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @Somethincofficial. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 260–265. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i2.368
Muhiban, A., & Wartono, A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Mexalminuz Clothing di Kudus (Studi Kasus: Penggunaan Media Sosial Facebook dan Instagram). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6(2), 267–279. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.635
Permana, I. P. H., & Pratiwi, N. K. A. N. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Bisnis Kuliner pada Komunitas Online @deliciousbali. JUSTBEST: Journal of Sustainable Business and Management, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.52432/justbest.1.1.2021.12-18
Purba, V., Robi, F. A. T., & Sadikin, T. (2021). Peningkatan Komunikasi Merek dan Pemasaran Digital Bagi UMKM. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 108–112. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1814
Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. Proceeding of The URECOL, 7, 304–314. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/75/73
Puspita, C., Anggraini, M., Salsabila, A., Wardhana, B. K., & Budiandru. (2023). Meningkatkan Efektifitas Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa dan Hubungannya Dengan Bisnis Online. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2461–2469.
Sahtriani, M., & Siregar, A. (2023). Manfaat Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan UKM. Musytari, 3(1), 21–30.
Sugiarto, C. (2020). Pelatihan Branding Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(2), 1–5. https://doi.org/10.20961/semar.v8i2.40203
Sukoco, H., & Krisnaresanti, A. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Adaptasi Strategi Pemasaran Umkm Saat Pandemi Covid-19: Tinjauan Literatur. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.59066/jmae.v3i1.665
Utami, G. A., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Jaringan Pasar. Journal Economy And Currency Study (JECS), 4(2), 93–98.
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655
Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T., & Fatkhur, D. F. I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Online Bagi UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal BUDIMAS, 4(1), 1–8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.