Program Literasi Digital dan Etika Media Sosial bagi Pelajar

Penulis

  • Asep Hidayat Universitas Langlangbuana
  • Rodhiyat Fajar Salim Universitas Langlangbuana
  • Ilyas Universitas Langlangbuana
  • Fugiyar Suherman Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.36555/jptb.v6i1.2288

Kata Kunci:

literasi digital, keamanan digital, etika media sosial, pelajar, program pengabdian kepada masyarakat

Abstrak

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan pemahaman etika media sosial di kalangan pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang berada di Kecamatan Buahbatu Bandung. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, pelajar menjadi semakin terpapar pada berbagai risiko di dunia digital, seperti cyberbullying, penyebaran hoaks, dan pelanggaran privasi. Program ini dirancang untuk mengatasi dua masalah utama: kurangnya kesadaran dan pengetahuan pelajar tentang keamanan digital, serta rendahnya pemahaman tentang etika dalam penggunaan media sosial. Melalui pendekatan edukatif yang interaktif, program ini mengajarkan pelajar cara melindungi diri mereka di dunia digital, termasuk praktik keamanan yang baik dan pengelolaan privasi yang efektif. Selain itu, pelajar diajarkan untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam berinteraksi di media sosial, termasuk tanggung jawab dalam berbagi konten, menghormati hak cipta, dan menunjukkan empati terhadap orang lain. Diharapkan, setelah mengikuti program ini, pelajar lebih proaktif dalam menjaga keamanan digital mereka dan lebih etis dalam penggunaan media sosial, sehingga dapat mengurangi insiden seperti cyberbullying dan penyebaran hoaks. Program ini juga diharapkan dapat membentuk budaya media sosial yang lebih positif di kalangan pelajar, di mana interaksi didasarkan pada penghargaan dan tanggung jawab bersama.

Biografi Penulis

Asep Hidayat, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rodhiyat Fajar Salim, Universitas Langlangbuana

Program Studi Ilmu Komunikasi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ilyas, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fugiyar Suherman, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

APJII (2022). Laporan Survei Internet Indonesia 2022. Available at: [https://www.apjii.or.id/survei2022](https://www.apjii.or.id/survei2022) (Accessed: 30 August 2024).

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Bastian, M., & Piovesan, M. (2018). Online information security awareness: A study on security knowledge and behavior of the students. International Journal of Information Security, 17(1), 71-86.

Boyd, D. (2014). It's Complicated: The Social Lives of Networked Teens. New Haven, CT: Yale University Press.

Buckingham, D. (2015). Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture. Cambridge: Polity Press.

Dworkin, M. (2010). Privacy in the Digital Age: The Implications of an Evolving Information Infrastructure. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Greenhow, C. and Lewin, C. (2016). Social media and education: reconceptualizing the boundaries of formal and informal learning’, Learning, Media and Technology, 41(1), pp. 6–30.

Hidayat, A. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Audio Visual MYOB dalam Pembelajaran Praktika Komputer Akuntansi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 97-108. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p097

Hinduja, S. and Patchin, J.W. (2014). Cyberbullying: Identification, Prevention, and Response. 2nd edn. New York: Routledge.

Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. Hoboken: Wiley.

Howard, P. N., et al. (2020). Lie Machines: How Disinformation Threatens Democracies. New Haven: Yale University Press.

James, C., Davis, K., Flores, A., Francis, J.M., Pettingill, L. and Rundle, M. (2017). Participatory Culture in a Networked Era: A Conversation on Youth, Learning, Commerce, and Politics. Cambridge: Polity Press.

Jenkins, H. (2009). Confronting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. Cambridge, MA: MIT Press.

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. Available at: [https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia](https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia) (Accessed: 30 August 2024).

Koltay, T. (2011). The media and digital literacy: A new discipline or just a fashionable way to unite various research efforts?, Education for Information, 28(1), pp. 15-26.

Livingstone, S. (2014). Children and the Internet: Great Expectations, Challenging Realities. Cambridge: Polity Press.

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2013). Balancing opportunities and risks in teenagers' use of the internet: The role of online skills and internet self-efficacy. New Media & Society, 15(3), 509-531.

Livingstone, S., Haddon, L., Görzig, A. and Ólafsson, K. (2011). EU Kids Online: Final Report. London: EU Kids Online, LSE.

Nasrullah, R. (2020). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

O'Keeffe, G. S. and Clarke-Pearson, K. (2011). The impact of social media on children, adolescents, and families, Pediatrics, 127(4), pp. 800-804.

Palfrey, J., Gasser, U., Simun, M. and Barnes, R. (2009). Youth, Identity, and Digital Media. Cambridge, MA: MIT Press.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2010). Cyberbullying: An exploratory analysis of factors related to offending and victimization. Deviant Behavior, 31(2), 123-149.

Potter, W. J. (2012). Media Literacy. 7th edn. London: Sage.

Ribble, M. (2011). Digital Citizenship in Schools: Nine Elements All Students Should Know. International Society for Technology in Education.

Smith, P.K., Mahdavi, J., Carvalho, M., Fisher, S., Russell, S. and Tippett, N. (2018) ‘Cyberbullying: Its Nature and Impact in Secondary School Pupils’, Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4), pp. 376–385. doi:10.1111/j.1469-7610.2007.01846.x.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Hidayat, A., Salim, R. F., Ilyas, & Suherman, F. (2024). Program Literasi Digital dan Etika Media Sosial bagi Pelajar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(1), 63–70. https://doi.org/10.36555/jptb.v6i1.2288