Perancangan Ruang Publik Kreatif di SMAN 1 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36555/jptb.v6i1.2279

Kata Kunci:

PPerancangan Ruang Publik, Sekolah Kreatif, Ruang Publik Kreatif

Abstrak

Ruang terbuka publik merupakan ruang luar yang memiliki peran signifikan dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah, khususnya Sekolah Menengah Atas. Ruang luar sekolah merupakan sarana pendidikan yang potensial serta berdampak positif terhadap berbagai kemampuan dan kreativitas siswa khususnya dan pengguna lain pada umumnya. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh abdimas, keberadaan ruang luar sekolah belum secara optimal termanfaatkan dengan baik, salah satunya di SMAN 1 Padalarang. Dengan luas ruang luar yang cukup besar, banyak ruang luar yang terbengkalai, kurang mengakomodasi kebutuhan siswa, serta kurang aman sebagai tempat beraktivitas. Hal ini pada akhirnya menyebabkan kurang optimalnya pemanfaatan ruang luar oleh pengguna. Berdasarkan hasil survei dan observasi pada bangunan dan kompleks SMAN 1 Padalarang, pelaksana PKM menemukan berbagai permasalahan yang berpotensi untuk menjadi tantangan perancangan dan berbagai elemen bangunan lain yang belum sesuai standar keamanan sebagai sekolah tanggap gempa. Hasil observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah juga menunjukkan ada permasalahan ruang terbuka yang kurang representatif khususnya pada area dekat entrance. Selain itu, pada ruang terbuka utama yaitu area lapangan olahraga juga ditemukan permasalahan terkait kondisi eksisting tribun yang tidak sesuai standar kenyamanan dan keamanan tribun. Dengan latar belakang isu dan permasalahan tersebut, dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Perancangan Ruang Publik Kreatif Di SMAN 1 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Luaran kegiatan PKM ini berupa dokumen perancangan ruang public kreatif di SMAN 1 Padalarang. Hasil desain ruang publik kreatif sekolah diharapkan dapat diterapkan di sekolah lain sebagai fasilitas sekolah yang menunjang kegiatan siswa serta aman dan menerapkan prinsip tanggap bencana di lingkungan sekolah.

Biografi Penulis

Tika Novis Putri, Universitas Langlangbuana

Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik

Dewi Rachmaniatus Syahriyah, Universitas Langlangbuana

Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik

Ridho Septian , Politeknik Negeri Bandung

Jurusan Teknik Sipil

Muhammad Musyofa Maulida Nufus, Universitas Langlangbuana

Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik

Referensi

Bowker, R., & Tearle, P. (2007). Gardening as a learning environment: A study of children’s perceptions and understanding of school gardens as part of an international project. Learning Environments Research, 10(2), 83–100. https://doi.org/10.1007/s10984-007-9025-0

Fadjarwati, N., Suciyani, W. O., Yusup, M., Oktavia, H. C., Sastrawan, J., Sayuti, A. M., Studi, P., Aset, M., Niaga, J. A., Bandung, N., & Bisnis, A. (2023). Pemanfaatan Ruang Terbuka melalui Community Garden Sebagai Media Pembelajaran yang Terintegrasi dengan Intrakurikuler Sekolah Dasar. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(02), 214–226. https://doi.org/10.33369/dr.v21i1.29181

Kemendikbud, & UNICEF. (2015). Modul 3: Pilar 3 - Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana.

Ma, M., Adeney, M., Chen, W., Deng, D., & Tan, S. (2022). To Create a Safe and Healthy Place for Children: The Associations of Green Open Space Characteristics With Children’s Use. Frontiers in Public Health, 9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.813976

Nurrohman, A. R., & Damayanti, V. (2023). Arahan Pengembangan Ruang Publik Kreatif. Bandung Conference Series: Urban & Regional Planning, 3(2), 846–857. https://doi.org/10.29313/bcsurp.v3i2.9106

Pramajati, H., Sukaesih, N. S., Lindayani, E., Purnama, A., Nuryani, R., & Ridwan, H. (2020). Peningkatan Kesiapan Sekolah Siaga Bencana melalui Pelatihan Siswa Kader Sekolah Siaga Bencana di SMPN 1 Cimalaka. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 843. https://doi.org/10.30653/002.202053.355

Yulianto, Y., Septian, R., Widyaningsih, Y., Indah, R. N., Maulana, M. Y., Putri, T. N., Syahriyah, D. R., & Maulida, M. M. (2023). Evaluasi, Strategi, Serta Sosialisasi Perawatan Dan Perbaikan Gedung di SMAN 1 Padalarang untuk Mewujudkan Sekolah Tanggap Bencana. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, V(2).

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Novis Putri, T., Syahriyah, D. R., Septian , R., & Musyofa Maulida Nufus, M. (2024). Perancangan Ruang Publik Kreatif di SMAN 1 Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 6(1), 48–62. https://doi.org/10.36555/jptb.v6i1.2279