Merancang Perangkat Flipped Classroom
DOI:
https://doi.org/10.36555/jptb.v5i1.2229Kata Kunci:
Flipped Classroom, TPACK, Video PembelajaranAbstrak
Kendala para guru dengan pembelajaran daring adalah kesulitan melakukan kontrol atas pembelajaran, sementara dari sisi siswa mereka harus menghabiskan waktu mengerjakan pekerjaan rumah dengan bantuan orang tua atau anggota keluarga lainnya yang belum tentu menguasai materi tersebut. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, bisa digunakan pembelajaran dengan model Flipped Classroom. Flipped Classroom adalah jenis pembelajaran campuran di mana siswa secara mandiri mempelajari materi di rumah atau prakelas, kemudian berlatih mengerjakannya atau berdiskusi bersama siswa lain dengan didampingi guru di sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memilih video pembelajaran dan membuat video pembelajaran, baik berupa video tutorial, film pendek maupuan VPT (Voice Over Power Point) dalam kerangka TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk disajikan pada prakelas; dan (2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang aktivitas pembelajaran model Flipped Classroom dalam bentuk RPP satu halaman. Mitra pengabdian adalah guru MTs. Miftahulfalah Bandung. Pengabdian dilaksanakan dengan metode pelatihan menggunakan model Flipped Classroom, di mana materi pengabdian diberikan melalaui Google Classroom satu minggu sebelum pendampingan; kemudian pendampingan pembuatan video pembelajaran dan RPP dilaksanakan bersama-sama di kelas. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat video pembelajaran dan merancang pembelajaran model Flipped Classroom.
Referensi
Ali, S. D. (2017, Desember 18). Design Thinking. School of Information Systems. https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/design-thinking-2/
Alon, I., & Herath, R. K. (2014). Teaching International Business via Social Media Projects. Journal of Teaching in International Business, 25(1), 44–59. https://doi.org/10.1080/08975930.2013.847814
Brown, T. (2009). Change by Design How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. HarperCollins e-book.
Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2021, Januari 15). 5 Stages in the Design Thinking Process. The Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process
Kay, R. H. (2012). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. Computers in Human Behavior, 28(3), 820–831. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.01.011
Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.
McEvoy, C. S., Cantore, K. M., Denlinger, L. N., Schleich, M. A., Stevens, N. M., Swavely, S. C., Odom, A. A., & Novick, M. B. (2016). Use of medical students in a flipped classroom programme in nutrition education for fourth-grade school students. Health Education Journal, 75(1), 38–46. https://doi.org/10.1177/0017896914561879
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
The Definition Of The Flipped Classroom. (2014, Januari 16). TeachThought. https://www.teachthought.com/learning/the-definition-of-the-flipped-
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.