Memberdayakan Siswa SMK-8 Bandung Memiliki Jiwa Wirausaha dengan Kemampuan Berbisnis Daring

Penulis

  • Dani Ramdani Universitas Langlangbuana
  • Roro Arinda Reswanti Universitas Langlangbuana
  • Mohamad Aghust Kurniawan Universitas Faletehan

DOI:

https://doi.org/10.36555/jptb.v4i2.2167

Kata Kunci:

Lifestyle Digital, UMKM, Kewirausahaan, Berbisnis berbasis daring

Abstrak

Perkembangan teknologi IT sangat pesat dan masif. Perkembangan teknologi tersebut berpengaruh terhadap lifestyle masyarakat di berbagai bidang, tidak terkecuali pada kegiatan berbisnis. Perusahaan atau UMKM yang tidak peduli dengan lifestyle digital akan merasakan terjadinya penururan transaksi bisnis. Keberadaan SMK adalah untuk menyiapkan anak didik siap bekerja, namun menurut data BPS menunjukan bahwa tingkat pengangguran lulusan SMK menduduki paling tinggi. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Langlangbuana kepada Siswa SMK-8 Bandung adalah untuk memberdayakan Siswa SMK-8 Bandung memiliki kemampuan kewirausahaan. Siswa SMK-8 Bandung disiapkan untuk memiliki jiwa kewirausahaan sekaligus memiliki kemampuan berbisnis berbasis daring. Menumbuhkan kewirausahaan adalah upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran. Memiliki kemampuan berbisnis berbasis daring adalah tuntutan kompetensi di masa depan. Pelaksanaan kegiatan melalui tiga tahap. Tahap Inspirasi, Konsultasi, dan Evaluasi. Hasil kegiatan PkM menunjukan bahwa beberapa siswa SMK-8 Bandung telah berhasil melakukan bisnis melalui e-commerce yang ada.Beberapa siswa lainnya merasa senang dan bahagia karena tergugah jiwannya untuk menekuni bidang kewirausahaan.

Biografi Penulis

Dani Ramdani, Universitas Langlangbuana

Fakultas Teknik

Roro Arinda Reswanti, Universitas Langlangbuana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Mohamad Aghust Kurniawan, Universitas Faletehan

Fakultas Sains dan Teknik

Referensi

Astuti, R., Tanjung, H., Alpi, M. F. & Rahmawany, D. Membangun Bisnis Online Melalui Media Sosial Dengan Pemanfaatan Potensi Urban Farming Untuk Menambah Pendapatan Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2021. 1138-1144.

Izzuddin, A. & Hasanah, M. 2020. Upaya Peningkatan Produktivitas Dan Pemasaran Produk Stick Buah Naga Melalui Pemasaran Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1, 1-6

Kotler, P., Kartajaya, H. & Setiawan, I. 2021. Marketing 5.0: Technology for humanity, John Wiley & Sons.

Mumtaha, H. A. & Khoiri, H. A. 2019. Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E- commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI: Jurnal Penelitian Ilmu- Ilmu Teknik, 4.

Rakanita, A. M. 2019. Pemanfaatan E- commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis, 20, 1280-1289.

Sukarno, M. Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi Umby, 2020

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Ramdani, D., Reswanti, R. A., & Kurniawan, M. A. (2022). Memberdayakan Siswa SMK-8 Bandung Memiliki Jiwa Wirausaha dengan Kemampuan Berbisnis Daring. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 4(2), 72–86. https://doi.org/10.36555/jptb.v4i2.2167