Pelatihan Mengajar Bilangan Pecahan dengan Metode Matematika Gasing Bagi Guru Pendidikan Dasar di Sekolah Muhammadiyah Secabang Cilawu Garut

Penulis

  • iwan Gunawan Universitas Langlangbuana
  • Nano Sukmana Universitas Langlangbuana
  • Deasy Rahmawati Universitas Langlangbuana
  • Euis Eka Pramiarsih Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1839

Kata Kunci:

Mengajar Bilangan Pecahan, Matematika Gasing,

Abstrak

Tujuan Program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan melatih keterampilan  kepada guru-guru Sekolah dasar dan menengah Muhamadiyah di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dalam mengajarkan materi pecahan dengan metode matematika Gasing. Mengajar matematika dengan metode yang menyenangkan merupakan suatu metode yang harus dimiliki oleh seluruh guru matematika yang mengajar pada sekolah dasar dan menengah. Metode matematika Gampang, Asyik dan Menyenangkan (GASING) merupakan salah satu metode yang dapat membuat siswa belajar gampang dan menyenangkan terlebih di sekolah dasar. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan secara langsung (tatap muka) kepada guru SD dan SMP di ruangan (secara teori) dan dilakukan bimbingan langsung cara mengajarkan bilangan pecahan dengan metode gasing. Berdasarkan hasil pelatihan ini sebagian besar peserta pelatihan dapat mempraktekkan metode matematika gasing dalam mengajarkan bilangan pecahan

Biografi Penulis

iwan Gunawan, Universitas Langlangbuana

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nano Sukmana, Universitas Langlangbuana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Deasy Rahmawati, Universitas Langlangbuana

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Euis Eka Pramiarsih, Universitas Langlangbuana

Fakultas Keguruand dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2016). Pengaruh Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 74–81. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5012
Mahmudah, R., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2018). Journal of honai math. Journal Of Honai Math, 1(1), 47–55.

Miguel, J. F. S., González, M., Gascón, A., Moro, J., Hernández, J. M., Ortega, F., … Orfao, A. (1992). Lymphoid subsets and prognostic factors in multiple myeloma. British Journal of Haematology, 80(3), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x

Novriani, M. R., & Yuanita, F. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Metode GASING (Gampang Asyik Menyenangkan). 228–233. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26476

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Gunawan, iwan, Sukmana, N., Rahmawati, D., & Pramiarsih, E. E. (2021). Pelatihan Mengajar Bilangan Pecahan dengan Metode Matematika Gasing Bagi Guru Pendidikan Dasar di Sekolah Muhammadiyah Secabang Cilawu Garut. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v3i2.1839