Implementasi Teknologi Converter Bahasa Isyarat Indonesia dalam Membangun Komunikasi antara Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Guru di SMK BPP Veteran Bandung
DOI:
https://doi.org/10.36555/jptb.v6i1.2289Kata Kunci:
Pendidikan Inklusif, Bahasa Isyarat Indonesia, Teknologi Konverter, Komunikasi, Siswa Berkebutuhan KhususAbstrak
Komunikasi yang efektif antara siswa berkebutuhan khusus (SBK) dan guru adalah salah satu tantangan terbesar dalam pendidikan inklusif, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK BPP Veteran Bandung sebagai salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif menghadapi tantangan ini dalam upaya memberikan pendidikan yang setara bagi semua siswa. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi converter Bahasa Isyarat Indonesia untuk membantu komunikasi antara SBK dan guru. Teknologi ini dikembangkan untuk menerjemahkan Bahasa Isyarat Indonesia menjadi teks dan suara, serta sebaliknya, yang memungkinkan SBK untuk berkomunikasi lebih efektif dengan guru. Program ini dimulai dengan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan pelatihan guru untuk menggunakan teknologi ini, serta implementasi dan evaluasi di dalam kelas. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan SBK dalam pembelajaran dan peningkatan kualitas komunikasi antara SBK dan guru. Program ini diharapkan dapat diadopsi secara lebih luas di sekolah-sekolah lain yang menerapkan pendidikan inklusif.
Referensi
Andriana, A., Ana, A., Puspita, H. and Wulandari, I.Y., 2021. Analysis Of Distributed Deep-Learning Based Digital Learning Media Using Thin Client Devices for Inclusion Vocational School Students. Journal of Engineering Science and Technology, 16(1), pp.085-091.
Andriana, A., Mulyanti, B. and Widiaty, I., 2022. Tren Penerapan Pendidikan Kejuruan dan Jejaring Disabilitas untuk Analisis Model Pembelajaran. Jurnal Tiarsie, 19(5), pp.151-156.
Andriana, A., Zulkarnain, Z., Vertus, O., Rahman, S.A., Hamidah, I., Kustiawan, I., Barliana, M.S., Aryanti, T., Rohendi, D. and Riza, L.S., 2023, October. Converter of Indonesian sign language into text and voice, text and voice to sign language to build between inclusion vocasional school student and teacher. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2510, No. 1). AIP Publishing.
Andriana, A., Zulkarnain, Z., Vertus, O., Rahman, S.A., Hamidah, I., Kustiawan, I., Barliana, M.S., Aryanti, T., Rohendi, D. and Riza, L.S., 2023, October. Converter of Indonesian sign language into text and voice, text and voice to sign language to build between inclusion vocasional school student and teacher. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2510, No. 1). AIP Publishing.
Alfiansyah, M. I. (2019). Implementasi pendidikan inklusi di Sekolah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Amiri, Z., Heidari, A., Navimipour, N.J., Unal, M. and Mousavi, A., 2024. Adventures in data analysis: A systematic review of Deep Learning techniques for pattern recognition in cyber-physical-social systems. Multimedia Tools and Applications, 83(8), pp.22909-22973.
Ahmed, M.A., Zaidan, B.B., Zaidan, A.A., Salih, M.M. and Lakulu, M.M.B., 2018. A review on systems-based sensory gloves for sign language recognition state of the art between 2007 and 2017. Sensors, 18(7), p.2208.
Dreuw, P., Rybach, D., Deselaers, T., Zahedi, M. and Ney, H., 2007. Speech recognition techniques for a sign language recognition system. hand, 60, p.80.
Handayani, M.N., Ali, M., Wahyudin, D. and Mukhidin, M., 2020. Green skills understanding of agricultural vocational school teachers around West Java Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(1), pp.20-29.
Iyw, Z., 2021. Indonesian Sign Language Converter Into Text And Voice As Social Interaction Tool For Inclusion Student In Vocational High Schools Conference on Electro Information Technology (EIT). IEEE.
Kolivand, H., Joudaki, S., Sunar, M.S. and Tully, D., 2021. A new framework for sign language alphabet hand posture recognition using geometrical features through artificial neural network (part 1). Neural Computing and Applications, 33(10), pp.4945-4963.
Ni'mah, F. (2023). Training on Simple Determination of Acid Numbers for Students of SMK 01 Palangkaraya: Pelatihan Penentuan Bilangan Asam secara Sederhana untuk Siswa SMK 01 Palangkaraya. NAWASENA: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE, 1(02), 54-59.
Pramudiana, I.D., 2017. Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif untuk ABK di Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), pp.1-9.
Putri, A. D. (2023). Penerapan concept attainment model berbantuan aplikasi peta konsep terhadap penguasaan konsep siswa kelas x pada konsep animalia (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Kartika XIX-1 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.